Jenis-Jenis Tanaman Hidroponik Yang Bisa Ditanam Di Pekarangan Rumah

jenis tanaman hidroponik

Siapa yang suka bercocok tanam? Bagi Anda yang hobi bercocok tanam pastinya sudah tidak asing lagi dengan cara bertanam model terbaru. Iya, benar. Hidroponik adalah jawabannya.

Tanaman hidroponik ini tidak menggunakan tanah sebagai medianya. Melainkan menggunakan air yang telah diberi nutrisi. Meskipun hanya menggunakan air tanaman hidroponik tidak kalah sehat dibanding tanaman biasa. Sebab air yang diberikan sudah banyak mengandung nutrisi. Tidak perlu khawatir mengenai persediaan air, karena air yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Ada banyak jenis tanaman hidroponik. Mau tahu apa saja? Yuk cari tahu di bawah ini.

Jenis Tanaman Yang Bisa Ditanam dengan Tehnik Hidroponik:

  1. Seledri

Jenis sayuran hidroponik yang satu ini bisa menjadi tanaman yang wajib ada di setiap rumah. Daun seledri ini mempunyai manfaat yang banyak. Sayuran yang mempunyai aroma khas ini bisa ditanam secara hidroponik dengan tehnik sumbu atau wick. Setiap tehnik memiliki kelemahan dan kelebihin masing-masing. Agar Anda tidak salah sebaiknya mempelajari macam-macam tehnik terlebih dahulu.

  1. Sawi Hijau

Sayuran sawi sangat laku dipasaran, sehingga banyak yang membudidayakannya dengan cara hidroponik. Jenis tanaman hidroponik yang satu ini termasuk tanaman yang tahan hujan. Sehingga bisa hidup sepanjang tahun.

  1. Bayam

 Meskipun bayam mudah ditemukan di sekitar kita. Alangkah baiknya jika kita menanam sendiri di rumah. Hal itu akan membuat bayam kaya akan nutrisi. Jenis tanaman hidronik bayam sangat mudah dibudidayakan.

  1. Tomat

Jenis tanaman hidroponik ini harus diperhatikan saat memilih bibit. Pilihlah bibit unggul agar saat panen hasilnya lebih maksimal. Saat penyemaian bibit tomat ada baiknya menggunakan serabut seperti serabut kelapa. Anda harus merawatnya rutin selama satu bulan. Baru kemudian bida ditanam secara hidroponik.

  1. Brokoli

Tanaman brokoli ini biasanya tumbuh di dataran tinggi. Namun, semenjak adanya hidroponik tidak menutup kemungkinan bisa tumbuh juga di dataran rendah. Tanaman yang mirip dengan kol ini mempunyai banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Selada

jenis tanaman hidroponik

Selada merupakan tanaman jenis hidroponik yang siap panen. Hal ini dikarenakan selada mudah dibudidayakan dengan tehnik hidroponik. Oleh karena permintaan pasar yang tinggi, selada jadi memliki nilai ekonomis tinggi. Masyarakat indonesia pun suka mengonsumsi selada sebagai pelengkap.

  1. Terong

Dulu untuk menanam terong dibutuhkan lahan luas. Seiring berjalanya waktu dan lahan semakin sempit, untuk membudidayakan terong pun mulai dilakukan dengan sistem hidropinik. Ssbagai sayuran yang mengandung banyak antioksidan dan vitamin B. Sudah pasti jenis tanaman hidroponik terong ini banyak diminati.

  1. Paprika

Untuk di Indonesia sendiri jarang menggunakan paprika. Akan tetapi di luar negeri sering digunakan sebagai campuran masakan. Saat ini paprika lebih banyak dibudidayakan dengan cara hidroponik. Sebab kemungkinan akan berbuah kecil jika ditanam biasa.

  1. Cabe

Menanam cabe secara hidroponik tidak perlu seintensif tanaman lain. Hal yang harus diperhatikan adalah memilih bibit yang paling baik. Memperhatikan cara penyemaian yang baik dan memberi nutrisi yang cukup.

  1. Strawberry

Buah berwarna merah yang mampu menggoda setiap mata ini biasanya hanya tumbuh subur di dataran tinggi. Nah, semenjak adanya hidroponik strawberry bisa ditemukan di mana saja. Stawberry akan mendapat banyak nutrisi jika ditanam secara hidroponik.

  1. Semangka

Menanam semangka secara hidroponik ini memerlukan perhatian khusus hingga panen selama 2-3 bulan. Buah semangka sangat diminati di kalangan masyarakat menengah maupun atas karena harga yang terjangkau. Dan rasanya yang sangat segar.

Baca Juga :  2 Tehnik Sederhana Cara Menanam Hidroponik dan Cara Memeliharanya

Itulah 11 tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Leave a Reply